Rokan > Buku Tentang Rokan

 
 

Buku Tentang Rokan


Ada beberapa buku tentang gambaran Wilayah Rokan dalam versi Kebudayaan serta alamnya pada beberapa buku yang terbit di Rokan Hulu yang dapat menjadi khasanah bacaan anda untuk memahami Rokan Raya, untuk saat sekarang kami baru mendapatkan dari wilayah Rokan Hulu, sedangkan tentang Rokan wilayah Hilir belum kami miliki.
Kemudian akan terbit beberapa buku yang sangat kreatif dalam menyajikan wilayah rokan dari segi kehidupanya masa lalu dan sekarang.

Yang sudah terbit dan menjadi acuan Anda untuk mempelajari Rokan Raya adalah sebagai berikut :

Cerita Rakyat Rokan Hulu
Penerbit : Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tahun 2013
251 halaman
Penyusun : Junaidi Syam
Buku Cerita rakyat terbitan ke II
Berisikan cerita yang tidak saja dari Rokan Huku saja namun dari cerita-cerita rakyat yang ada di sepanjang sungai Rokan.
Terdiri dari 27 cerita dari 51 nara sumber
Judul cerita : Zainab dengan Nazaruddin, Karena Bismillah, anggau, Ririmauan, Naga Melayu, Orang Sibunian Padang Lahun, Panggang Jatuh, Ikan Khayangan, Popehramu, Cegak, Si Runcing dengan Si Tajam, Orang Lima Beradik, Lima Pemuda Mengharap Lailatul Qodar, asal Muasal Suku, Kuntodarussalam & Koto Intan, asalmuasal Orang Sakai-Bonai, Putri yang tidak Tahan Sembah di Koto Malintang, Orang yang nampak Pintu Langit, Silek Sungai Rokan, Silek Tharikat Sungai Rokan, Johan Pahlawan, panglima Tuanku Zainal abidin Syah, Panglimu Awang Versi Rambah dan Bonai, antau Kopa, Lobai Marid (Lebai Malang), Timang Pelugan, Putri Hijau dan datuk Penyarang, Janji Raja.

Caro dan Cakap Adat Nikah Kawin Luhak Rambah

Penerbit : Lembaga Adat Molayu Rokan Hulu, Cetakan potamu 2013, Penulis Taslim bin Faham gola datuk Mogek Intan, Junaidi Syam, Korani : Yayaan Syahruddin.

"Buku iko disusun untuk momudahan pombaco non olun tau tontang adat nikah kawin di Rambah. Mako dimulailah dari;morisiek, suluo-suluo ayie, rundiang moanta kato,moundang, monotakkan ari, rapat korojo, mombuek tubie, posiapan aad nikah, acara akad nikah, moukie pinang dan mombuek bungkuih, monyiapkan pokakeh, malam boinai, atak atuo pagi koborangkatan, kodatangan rombongan, uluo jawek anta torimu tando sampai ko cakap monjompuik, mongganti ponginang pongasuh, roreh kundai, koayie bolimau, mombaya cukai nogori, sombah monyombah, potaruh potakek, solang monyolang, mourak selo, tobuih monobuih, tutup olek buang solokai, panggilan suruik atau jompuik makan, cakap tepak tibo, posan tunjuk aja datuk kopado anak komonakannyo, ditambah paduan cara adat nikah kawin untuk pongiso, dilongkapkan pulo dengan gamba-gambanyo. Walaupun gamba dalam buku ko diambiek dari banyak urang, tapi arok ati kami mak dapek gamba tu bocakap untuk monorangkan non lah ditulih....."

 

Ensiklopedia Kebudayaan Melayu Riau
5 Jilid

Tim Penyusun & Penerbit : Pusat Penelitian Kebudayaan dan Kemasyarakatan Universitas Riau
Cetakan 2012
Buku ini berisikan data base Kebudayaan dengan pencarian data sejak tahun 2005.
Tujuan buku ini sebagai upaya memberikan suatu referensi awal mengenal kebudayaan Melayu Riau yang pada suatu saat wilayah ini menjadi titik sentrum perkembangan dan kemajuan alam Melayu sejagat dan menjadi tumpuan harapan baru kebudayaan dan peradaban Melayu di Dunia.

Buku Potatah Potitih Luhak Kopenuhan

Penerbit : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rokan Hulu, Penulis, Ismail Hamkaz


Teromba Tambusai
Oleh Junaidi syam, 209 halaman
Penerbit Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rokan Hulu

Sejarah Kerajaan Lima Luhak
Oleh Junaidi syam, 123 halaman
Penerbit Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rokan Hulu

Cagar Budaya Kabupate Rokan Hulu Tahun 2012

Oleh Tim Penulis, 114 halaman
Penerbit Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rokan Hulu

Ketiga Buku ini menceritakan tentang Naskah yang terdapat di Perpustakaan Nasional dengan kode naskah ML 100a, ML 441, Naskah Teromba Tambusai dari Naning, Perpustakaan Nasional dan Naskah No. ML 100b, serta dokumentasi Cagar Budaya Arsitektur tradisional.


Buku Adat Perkawinan Lima Luhak di Kabupaten Rokan Hulu
Tim Penulis, Yusri Syam
93 halaman
Pengarah Ahli Budaya Drs. Al Azhar, MA dan T. Rafrizal. MR, MSi
cetaka pertama 28 September 2005
Diterbitkan oleh :
Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu
Buku ini berisikan tata cara adat perkawinan Lima Luhak dua kewalian negeri di Rokan Hulu, Luhak Tambusai, Rambah, Kepenuhan, Kuntodarussalam, Rokan IV Koto, Kewalian Tandun dan Kabun


Buku Sejarah adat Istiadat masyarakat Kepenuhan
Ismail Hamkazh, S.Ag, M.Si
Khairul Fahmi, S.Pd
504 halaman
cetakan pertama 2006
ISBN: 979-3494-17-4
Diterbitkan oleh :
Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Rokan Hulu
Berisikan sejarah dan adat istiadat Luhak Kepenuhan


Buku Cerita Rakyat Rokan Hulu
Tim Penyusun : Yusri Syam
127 halaman
cetaka pertama 2006
Berisikan 20 cerita rakyat yang ada di Kabupaten Rokan Hulu
Bukik Simolombu, Asal Kejadian Sungai Rokan, Sutan Ponyalinan dan Batang Lubuh, Asal nama-nama Lima Luhak, Asal nama-nama suku di Rokan Hulu, Huta Rimba Sikafir, Sumber Air panas Suaman, Sumber airpanas Kepanasan, Danau Buatan Sipogas, Boru Namora Suri Andung jati, Aek martua, Istana Jin, Datuk Godang cicnci dan malin kukuk, Surau Gadiang, Rantau Binuang Sakti, Ulak Patian, Tari Burong Kuwayang, Danau Purieh Indah Tulang Gajah, Makam Raja Tunggal Kuning, Asal Nama Pasirpengaraian, Slimangkarang


Buku Trombo Rokan (Buku besar alam manusia dan budaya Melayu Rokan)
Taslim. F Datuk Mogek Intan dan Junaidi Syam
Jilid I 506 halaman, jilid II 500 halaman
cetakan pertama Agustus 2007
Diterbitkan oleh :
Yayasan Garasibumy bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu
Mendapat Anugerah Sagang kategori buku terbitan terbaik tahun 2007
"Buku ini adalah rekaman berharga tentang gagasan, pandangan dunia, pengalaman hidup serta pengetahuan manusia dan masyarakat Melayu Rokan Hulu dalam rentang sejarahnya yang panjang. Melalui entri-entri dalam buku ini kita seperti menyaksikan pentas identitas suatu puak di alam Melayu, dibawa dalam suasana percakapan (dialog) dan penjelajahan budaya yang ramah, menganjungkan kerendahan hati, penjelajahan budaya yang ramah menuju pemahaman yang subur dan sufi. (al Azhar)"


Buku Popehramu Rokan Hulu
penyusun Yusri Syam
126 halaman
cetakan pertama Februari 2008
Diterbitkan oleh ;
Ragow Art Printing Rokan Hulu
HKI No. agenda .00200901649 12 mei 2009
berisikan kelompok penamaan kupu-kupu yang ada di Rokan, khususnya Rokan Hulu, serta koleksi lebih dari 100 spesies kupu-kupu yang ada di Rokan (Sumatera tengah)



Masakan Tradisional Rokan Hulu
Tim ahli budaya : Taslim.F
Penulis : Yusri Syam
Foto, design cover dan tata letak : Yusri syam
34 halaman
Cetakan I Juni 2010
ISBN : 978 602 8437 52 3
Diterbitkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rokan Hulu bekerjasama dengan TIM Penggerak PKK Kab. Rokan Hulu

Berisikan masakan tradisional yang ada di Rokan Hulu yang dikelompokkan penyajiannya dalam Ragam Campacahang, Asam Pdeh, Sayuo, Paih,Pokasam, Kokek, Baka, Giliang dan Tumbuk, Ragam Gulai, Kue, dan minuman, juga ditulis tentang ragam bumbu tradisional

-----------------------------------------

Kearifan lokal yang terkandung dalam upacara tradisional kepercayaan masyarakat sakai-riau
oleh : Drs. Syahrial De Saputra
Editor : Dra. Nurbaiti Usman, M.Si
ISBN : 978-979-1281-42-3
Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjung Pinang 1010.

-------------------------

Buwong Kuayang, Upacara Pengobatan pada orang Bonai di Rokan Hulu.
Oleh : Sita Rohana
Editor : Syahrial De Saputra
94 halama
Cetakan I, Oktober 2009
ISBN : 978-979-1280-29-4
diterbitkan oleh :  Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjung Pinang

Upacara Buwong Kuayang adalah upacara pengobatan tradisional yang dikenal di kalangan orang Bonai yang berdiam di sepanjang Sungai Rokan. Orang Bonai merupakan komunitas yang hidupnya akrab dengan alam. Meskipun sekarang ini mereka adalah penganut Islam, namun praktik-praktik kepercayaan tradisional yang bersumber pada interaksi dengan alam masih terlihat jejak-jejaknya, meski dengan berbagai penyesuaian agar tidak bertentangan dengan ajaran Islam yang mereka anut. Seperti dalam upacara pengobatan mereka, Buwong Kuayang.
Dalam kepercayaan mereka, alam ini terdiri dari dua dimensi, yaitu alam nyata dan alam gaib. manusia senantiasa berinteraksi dengan kedua alam ini. Artinya, dalam alam nyata yang dijalani didalamnya terdapat alam gaib. Seperti halnya di alam nyata yang dihuni oleh manusia dan berbagai makhluk kasat mata, begitu pula dengan alam gaib. Bedanya penghuni alam gaib tidak dapat dilihat oleh mata awam.

buku ini terbatas, dan dapat dibaca dari penerbitnya Departeman Kebudayaan dan Pariwisata
--------------------------------------
Semua buku-buku ini cetakan terbatas, tetapi dapat dibaca di Perpustakaan Daerah Rokan Hulu, sedangkan buku Trombo Rokan dan maskana tradisonal Rokan hulu dapatjuga di baca di Perpustakaan Wilayah Riau di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru

 

 

rokan.org

Pilihan Bahasa